Copyright© All Rights Reserved auddreysindhutomo.blogspot.com

Jumat, 16 Maret 2012

Pengertian E-Teaching

A. Pengertian

Berikut ini ada beberapa pengertian tentang e-Teaching, yakni:

1) e-Teaching is for teachers to teach effectively and happily. e-Teaching is to motivate and direct teachers to teach willingly. (Koichi Nakajima, Masumi Hori, Tezukayama University)

[ e-Teaching digunakan oleh pendidik untuk mengajar secara efektif dan menyenangkan. e-Teaching memotivasi dan mengajak guru untuk mengajar dengan sukarela]

2) e-Teaching involves the use of ICTs to enhance the art of teaching. Harnessing the potential of digital technology in presenting a concept, exploring implications, placing the concept in various contexts, creating links with existing knowledge, and leading discussions that probe student understanding and allow students to take their learning in personally relevant directions.(Peter Kent)

(e-Teaching melibatkan penggunakaan TIK untuk meningkatkan seni mengajar. Dengan memanfaatkan potensi teknologi digital dalam menyajikan sebuah konsep, mengeksplorasi penerapan, dan menempatkan konsep tersebut dalam berbagai konteks, menciptakan hubungan dengan pengetahuan yang ada, dan memimpin diskusi yang memungkinkan siswa memahami dan mengambil pelajaran secara mandiri sesuai dengan kemampuan pemahaman mereka).

Kesimpulan: e-Teaching merupakan suatu sistem yang digunakan pendidik untuk meningkatkan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan ICT. Sehingga akan membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dengan pemanfaatan teknologi informasi tadi. Para peserta didik diajak untuk melakukan pembelajaran dengan cara yang baru melalui teknologi informasi tadi dan tidak hanya belajar secara tradisional saja.

B. Permasalahan

1) Kemampuan IT tenaga pendidik belum optimal.

2) Sarana dan prasarana yang belum memadai.

3) Peserta didik yang kurang merespon dan memanfaatkan dengan baik tentang adanya e-Teaching tersebut.

C. Penyelesaian Masalah

1) Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dengan memeberikan pelatihan/diklat bagi tenaga pendidik.

2) Meningkatkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dengan memanfaatkan dana anggaran sekolah dengan baik.

3) Mengajak peserta didik untuk memanfaatkan e-Teaching tersebut karena pemanfaatan ini dirasa dapat meningkatkan pembelajaran secara optimal.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar