Copyright© All Rights Reserved auddreysindhutomo.blogspot.com

Senin, 19 Maret 2012

Cara mengetik cepat di word menggunakan fitur autocorrect

Cara mengetik cepat di word menggunakan fitur autocorrect. Saya yakin banyak diantara teman-teman yang sering menggunakan fitur autocorrect untuk mempercepat pengetikan di microsoft word 2003, namun buat teman-teman yang belum menggunakan autocorrect untuk mengetik cepat di word bisa mencoba tips autocorrect. Umumnya jika kita mengetik tanpa menggunakan fitur autocorrect maka kita akan mengetik huruf satu persatu. Tetapi jika kita menggunakan autocorrect maka kita bisa mengetikkan kata tertentu kemudian menekan spasi, maka secara otomatis word akan melengkapi kalimatnya. (efektif jika dalam pengetikan banyak kata/kalimat yang harus diketik berulang)

Contoh seperti di bawah ini, misalkan kita akan mengetik kalimat:

Contoh :1. belajar Microsoft Word 2003 untuk pemula merupakan salah satu metode untuk mengefektifkan pengetikan. Dengan belajar Microsoft Word 2003untuk pemula maka diharapkan menjadi dasar untuk lebih memahami Word.

Jika menggunakan autocorrect, maka cukup melakukan pengisian di autocorect
belajar Microsoft Word 2003

Jadi saat menulis /mengetik di word cukup lakukan pengetikan:
Contoh :1. be spasi

Untuk mempercepat pengetikan di word 2003 lakukan prosedu berikut:

1. Pilih Tools - Autocorrect options...


2. Pada kotak dialog berikut:
Lepas centang "Capitalize fis letter of sentences", agar huruf awal setiap kata menjadi capital (huruf besar)

Pada bagian replace isi dengan be
di bagian with isi dengan : belajar Microsoft Word 2003 untuk pemula
Klik Add (untuk menambah ke dalam list autocorect)
Anda bisa buat kata lain yang berulang di dalam pengetikan anda
Klik OK


3. Masuk ke lembar kerja
Jadi saat menulis /mengetik di word cukup lakukan pengetikan:
Contoh :1 be spasi
Hasilnya akan menjadi :
Contoh :1. belajar Microsoft Word 2003 untuk pemula

Silahkan dicoba dengan kata yang lain, metode ini hanya efektif jika banyak kata yang berulang untuk diketik. Jika kata tersebut cuma sekali hingga 10 kali diketik dalam tulisan pastilah tidak efektif menggunakan autocorrect word 2003.

Beberapa postingan lain yang membahas tentang microsoft word bisa dilihat disini panduan word 2003

Sumber :http://artikelkomputerku.blogspot.com/2010/02/cara-mengetik-cepat-di-word-menggunakan.html



Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Cara Membuat tabulasi daftar isi di word 2003

Terkadang jika membuat sebuah makalah atau laporan maka untuk memudahkan pembaca mengetahui isinya maka kita perlu membuat daftar isi. Di bagian daftar isi terkadang antara subjek /judul halaman dan nomor halaman dibuat sebuah titik-titik, agar titik-titik dan nomor halaman rapi, maka bisa menggunakan fitur tabulasi yang tersedia untuk membuat daftar isi di microsoft word 2003.

Untuk buat tabulasi daftar isi di word 2003, lakukan prosedur berikut:

1. Pada bagian horizontal ruler, klik lokasi untuk menempatkan tabulasi,jika tabulasi aktif ditandai dengan adanya tanda siku di ruler.
Dalam contoh saya meletakkan tabulasi pada angka 13 dan 13,33 (tabulasi 13 untuk diisi dengan titik) sedangkan untuk tabulasi 13,33 sebagai pemisah titik dan angka.


2. Pilih Fomat - Tabs...



3. Pada kotak dialog Tabs
akan muncul angka tabulasi yang sudah dibuat pada langkah 1
di Tab stop position, klik 13.02 cm
di Leader pilih 2.......
Klik Set
OK

4. Ketik halaman judul, letakkan kursor (penunjuk mouse yang ber kelap-kelip) di belakangnya



5. Setelah kursor berada di belakang halaman judul tekan tab (di keybord)
tekan tab sekali lagi untuk berpindah ke tab selanjutnya (untuk menulis nomor halaman)


6. Ketik nomor halaman 1, kemudian tekan enter untuk pindah ke baris berikutnya (baris ke 2)

7. ketik abstrak, kemudian tekan tab (untuk menampilkan titik-titik), selanjutnya tekan tab untuk membuat nomor halaman, selanjutnya enter untuk pindah ke baris berikutnya.

8. Langkah di atas anda ulangi hingga semua daftar isi lengkap.

Beberapa postingan lain yang membahas tentang microsoft word bisa dilihat disini panduan word 2003

Sumber http://artikelkomputerku.blogspot.com/2010/02/cara-membuat-tabulasi-daftar-isi-di.html
Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Cara buat bingkai artistik di halaman word

Cara membuat bingkai artistik di halaman word. Buat teman-teman yang masih pemula dan mungkin kesulitan dalam membuat bingkai di halaman word. Ada beberapa cara membuat bingkai, jika anda ingin membuat secara manual bisa gunakan fasilitas drawing (autoshape), namun sebenarnya word menyediakan fasilitas untuk membuat bingkai. Setelah anda membuat bingkai, jika berpindah halaman atau membuat halaman baru dalam dokumen word yang sama, maka secara otomatis bingkai tersebut akan dibuat oleh word 2003. Bingkainya bisa berbentuk garis atau berupa icon artistik.

Untuk membuat bingkai artistik bisa lakukan prosedur berikut:

1. Buat sebuah dokumen baru
Pilih Format -> Borders and Shating..



2. Di bagian tabulasi "Page Border", pilih salah satu item yang tersedia di bagian setting, style,atau color,


Pada kotak dialog di atas pilih option untuk mengatur margin border
Atur nilai top,bottom,left, dan right

Pada mesure from bisa pilih Egdeof page atau "Text"
Klik OK
3. Selain itu anda juga bisa membuat bingkai artistik
Dibagian art pilih gambar artistik yang tersedia
Catatan:
Dalam beberapa kasus gambar artistik ini tidak tersedia di word 2003, biasanya jika tidak tersedia maka saat melakukan klik pada bagian art akan muncul kotak konfirmasi untuk menginstalnya, anda cukup masukkan CD installer Word ke dalam CD ROOM Player,kemudian tunggu hingga proses instalasi bingkai artistik selesai.

Klik OK

4. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah (bingkai yang saya pilih berbentuk bintang).


Beberapa posting lain yang membahas tentang cara menggunakan word bisa dilihat disini tutorial word 2003


Sumber :http://artikelkomputerku.blogspot.com/2009/10/cara-buat-bingkai-artistik-di-halaman.html


Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Cara buat password (proteksi) file dokumen word

Buat teman-teman yang masih pemula. Terkadang kita perlu memproteksi file (dokumen) word kita untuk menjaga agar file tersebut tidak diubah oleh orang lain. Secara default kita dapat memanfaatkan fasilitas proteksi dokumen yang telah disediakan oleh Microsoft Word.

Berikut cara membuat password file word:

1. Buka dokumen word yang akan diproteksi
2. Pada menu bar pilih Tools => Options..

Buat password word
3. Pada kotak dialog Options, pilih tab Security
a. Pada bagian password to open (masukkan password yang diinginkan)
b. Pada bagian password to modify (bisa diabaikan/dikosongkan jika anda tidak perlu memasukkan password pada saat akan melakukan modifikasi/ pengeditan)
c. Klik OK

Ketik password word4. Masukkan password yang telah diketik pada point 3

konfirmasi password word
5. Pada menu bar pilih File => save ( save as ) untuk menyimpan file

buka file word

6. Jika anda ingin memuka file tersebut anda harus memasukkan password, kotak dialog akan tampak seperti di bawah ini

Password saat buka file word

Jika anda pengguna microsoft word 2007 , untuk melakukan proteksi file bisa dilihat panduannya disini membuat password word 2007

Sumber :http://artikelkomputerku.blogspot.com/2009/03/cara-buat-password-proteksi-file.html

Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Mengaktifkan autosave di word

Mungkin ada diantara anda yang sering mengetik, namun jarang menyimpan hasil ketikan di saat sedang asik mengetik. microsoft word telah menyediakan fasilitas autosave, yang akan menyimpan dokumen word yang aktif secara berkala sesuai dengan interval waktu yang anda atur.

Autosave sangat bermanfaat jika di daearah anda sering mati listriknya, atau komputer anda sering hang. Maka anda masih mempunyai file dari hasil simpanan terakhir autosave sebelum komputer trouble.

Untuk mengaktifkan autosave, lakukan prosedur berikut:

1. Pada menubar pilih Tools -> Options

option autosave
2. pada kotak dialog option pilih tab "save"
centang "save autorecovery info every" .... minutes (saya mengatur 10 menit, anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan)


atur autosaveSumber :http://artikelkomputerku.blogspot.com/2009/02/mengaktifkan-autosave-di-word.html

Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Cara menampilkan dan menyembunyikan ruler di word 2003

Ruler sangat membantu dalam mengatur tabulasi dalam word. Dan memudahkan dalam pengeditan teks dalam word. Terkadang kita secara tidak sengaja telah membuat ruler tersebut hilang (tersembunyi). Hal ini kemungkinan diakibatkan nonaktifnya centang pada ruler, bisa dilihat pada gambar berikut:




ruler word

Untuk mengaktifkan ruler anda cukup melakukan centang (klik) pada ruler tersebut (lihat gambar di bawah). maka ruler akan muncul di lembar kerja.

menyembunyikan ruler


sumber http://artikelkomputerku.blogspot.com/2009/01/034-cara-tampilkan-dan-sembunyikan.html


Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Menambah/menulis huruf arab ke word 2003 dengan plugins AlQuran

Ayat-ayat suci Al Quran dapat anda sisipkan ke dalam dokumen Word, anda hanya perlu menginstal plug in Al Quran (freeware) dari situs http://myquran.org/msword/ .
Setelah pulg in terinstal, maka kita dapat mengetik huruf arab atau menampilkan tulisan arab yang telah tersedia dalam plugin tersebut.


Berikut panduan menggunakan plug in Al Quran di Word

1. Download bagian yang ditunjuk oleh panah (Indonesi transtalion included)
plugin huruf arab
2. setelah selesai mendownload, Install ke komputer anda, jika terinstall dengan benar, maka pada saat membuka Word, di menubar akan muncul Menu baru (Al Quran) seperti di bawah ini


Untuk menginsert ayat-ayat Al Quran ke dokumen, pilih Get Arabic + translation

3. Pada kotak dialog yang muncul pilih Surat yang akan dimasukkan ke word, contoh:
Surat : 001. Al Faatihah
Ayat : 1 s/d 1
Translation : Centang Indonesia


4. Klik OK. Jika berhasil maka akan muncul tulisan arab (ayat Al faatihah) dan terjemahannya.


Sumber :http://artikelkomputerku.blogspot.com/2009/01/033-menambah-huruf-arab-ke-word-dengan.html

Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Cara menghilangkan garis lengkung di bawah teks di word 2003

Jika anda merasa terganggu dengan adanya garis lengkung yang muncul di bawah teks yang diketik, seperti gambar di bawah ini


Untuk menghilangkannya bisa gunakan cara berikut. Mungkin bisa berfungsi di Word anda.
1. Pada menubar pilih Tools => Options


2. Pada kotak dialog Option pilih tab Spelling & Grammar, tampilan defaultnya seperti gambar di bawah

3. Pada bagian spelling jika dicentang , lepas centang ke 3 item bagian atas
Pada bagian Grammar lepas centang
a. Check grammar as you type
b. Check grammar with spelling


4. Jika sukses maka garis lengkung di bawah teks akan hilang, Untuk mengembalikannya
centang kembali kedua option yang anda lepas centangnya.

Sumber :http://artikelkomputerku.blogspot.com/2009/01/032-cara-menghilangkan-garis-lengkung.html


Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Cara mengetahui kode shorcut dalam word 2003

Keyboard shorcut bisa membantu dalam menghemat waktu pengetikan, karena tangan anda tidak perlu lagi bolak-balik dari keyboard ke mouse. Jika mengetahui kombinasi tombol keyboard untuk melakukan perintah-perintah yang ada di Word, maka akan sangat membantu jika anda mengetahui kode shorcut di keyboard.
Untuk mencari kode shortcut di word bisa anda gunakan prosedur berikut:

1. Pada Menubar pilih Tools => Customize


2. Pada kotak dialog Customize, pilih tab Commands
Klik tombol Keyboard


3. Pada tombol CustomizeKeyboard pilih item dari Categories
Pilih item yang ada dalam categories, contoh : File => FileCloseOrExit



Pada bagian Current keys muncul kombinasi tombol keybord yang bisa anda gunakan
Contoh : jika menekan tombol Alt+F4 maka Word akan mengeksekusi perintah menutup file

Beberapa tombol shorcut yang biasa saya gunakan:
Ctrl+S = Menyimpan file
Ctrl+C = Copy file
Ctrl+X = Cut file
Ctrl V = Paste

Anda bisa melihat kode tombol shorcut yang lain dengan menggunakan cara di atas.
(Catatan: Jika anda kuat menghapal sebaiknya anda gunakan kombinasi tombol diatas untuk mempercepat pengetikan dalam Word)
http://artikelkomputerku.blogspot.com/2009/01/031-cara-mengetahui-kode-shorcut-dalam.html
Sumber

Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Cara Membuat formula dalam tabel (rumus di tabel word 2003)

Jika anda menggunakan tabel dalam word, anda bisa menggunakan formula sederhana atau rumus dasar matematik (khusus digunakan untuk data berupa angka). Anda bisa melakukan penjumlahan, pengurangan, pembagian, atau perkalian dari nilai-nilai yang ada dalam sel tabel.

Prosedur membuat formula dalam tabel
1. Klik sel untuk mempatkan formula (saya anggap anda sudah punya tabel, lihat contoh tabel di bawah ini)
2. kemudian pada Menubar pilih Table => Formula...
(Catatan: formula hanya bisa melakukan proses penghitungan jika data dalam sel berupa angka)

3. Pada kotak dialog formula masukkan (ketik) rumus ; =SUM(LEFT), klik OK
artinya jumlahkan semua sel yang ada desebelah kiri
Lakukan langkah 3 untuk sel bagian samping yang lain


4. Klik salahsatu kotak di bagian bawah. Pada kotak dialog formula masukkan (ketik) rumus ; =SUM(ABOVE), klik OK
artinya jumlahkan semua sel yang ada diatas.
Lakukan langkah 4 untuk sel bagian bawah yang lain.

Sumber :http://artikelkomputerku.blogspot.com/2009/01/029-membuat-formula-dalam-tabel.html

Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Cara mengubah tinggi baris tabel di word 2003

Jika lebar kolom tabel dapat diubah dengan menggeser segitiga yang ada di horizontal ruler, maka untuk mengubah tinggi baris tabel di word tidak dapat digeser dengan menggerakkan segitiga pada vertikal ruler. Untuk mengubah tinggi baris pada word 2003 silahkan lakukan prosedur berikut.


1. buat tabel seperti di bawah ini
Baris ke dua akan diubah tingginya




2. Blok baris kedua, klik kanan pilih Tabel properties

3.Pilih tabulasi Rows
Pada specify height pilih 0.2 cm atau 0.1 cm
Di bagian Row height is , pilih Exactly
Klik OK

4. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini

5. Untuk mengatur agar lebih rapi tabelnya, blok baris kedua
Klik kanan, pilih Borders and shading..


6. Pilih tabulasi Borders
pada kotak merah hilangkan garis bingkai vertikal (klik pada garis vertikal agar hilang/non aktif
Klik OK



7. hasilnya akan tampak seperti di bawah


8. Anda juga bisa memilih style garis yang lain, misalkan garis ganda, garis tebal,dll
Seperti gambar di bawah (antara No dan 1) garisnya agak tebal jika dibanding pada gambar langkah 7 di atas


Mudah mudahan postingan ini bisa membantu menjawab pertanyaan teman-teman tentang cara merubah tinggi baris tabel di word 2003.

Selain cara di atas anda juga bisa mengubah tinggi baris tabel, dengan mengatur paragraf ke 1 baris atau 2 baris, namun untuk mengatur tinggi baris lebih kecil dari 1 cm, maka prosedur di atas bisa jadi salah satu alternatif

Silahkan dicoba Artikel Komputer di atas
Beberapa postingan lain yang membahas tentang microsoft word bisa dilihat disini panduan word 2003

Sumber http://artikelkomputerku.blogspot.com/2010/01/cara-mengubah-tinggi-baris-di-word-2003.html
Sharing is caring ^_^ # Auddrey

Cara mengubah arah teks di tabel word 2003

Dalam kondisi tertentu, terkadang kita ingin mengubah arah penulisan teks di dalam tabel word , biasanya arah teks yang awalnya horizontal dapat diubah menjadi vertikal dengan arah dari bawah ke atas, atau dari atas ke bawah. Anda bisa mengatur arah teks di dalam sebuah sel, atau di dalam sebuah sel yang merupakan hasil merger dari beberapa sel.

Untuk mengatur / mengubah arah penulisan teks di dalam sel tabel, lakukan langkah berikut:

1. Blok sel atau tabel yang akan diubah arah penulisannya
Klik kanan pada sel tersebut, pilih Text Direction ...



2. Pada kotak dialog berikut pilih salah satu arah teks (misalnya: arah vertikal dari bawah ke atas)
Klik OK


3. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini

Silahkan dicoba Artikel Komputer di atas
Beberapa postingan lain yang membahas tentang microsoft word bisa dilihat disini panduan word 2003

Sumber :http://artikelkomputerku.blogspot.com/2010/01/mengubah-arah-teks-di-tabel-word-2003.html
Sharing is caring ^_^ # Auddrey